Sabtu, 03 Maret 2012

Pembelajaran Terpadu


A. Langkah- Langkah pembelajaran Terpadu Secara umum
  1. Menganalisis Standar Isi
  2. Menyusun bahan ajar, yang mengacu kepada standar isi pendidikan
  3. Merancang Pembelajaran Terpadu,
Langkah-langkah yang ditempuh dalam membuat rencana pembelajaran terpadu tersebut adalah: (a) menetapkan tema sentral pembelajaran yang akan berfungsi sebagai alat pengait pembelajaran, (b) merumuskan kompetensi atau tujuan pembelajaran yang harus dicapai peserta didik, (c) mengidentifikasi konsep-konsep yang memiliki sifat keterkaitan baik yang terdapat dalam intra maupun antar mata pelajaran yang akan diintegrasikan, (d) merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilakukan,   (e) menetapkan alat evaluasi yang akan digunakan.
  1. Penerapan Konsep
B.  Langkah- Langkah Pembelajaran Terpadu Berdasarkan Modelnya
Ada tiga model pembelajaran terpadu, yaitu model webbed, model connected dan model integrated.
  1. Pembelajaran Terpadu Model Connected
yaitu pembelajaran yang memadukan konsep antara konsep yang satu dengan konsep yang lain  dalam satu mata pelajaran saja.
Langkah-langkah yang ditempuh dalam model pembelajaran keterhubungan sebagai berikut :
Guru menentukan salah satu topik dalam satu mata pelajaran tertentu
Guru mengaitkan salah satu konsep pembelajaran dengan konsep yang dalam satu mata pelajaran
Menyusun langkah-langkah pembelajaran yang berisi aktivitas siswa yang  dilakukan dalam pembelajaran
Guru dan siswa bersama-sama memberikan kesimpulan, penegasan dari pembelajaran yang telah dilakukan.
Guru bisa melakukan evaluasi baik proses maupun hasil yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
  1. Pembelajaran Terpadu Model Webbed
Pembelajaran terpadu model webbed merupakan salah satu model pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan tematik.
Langkah-langkah yang ditempuh dalam model pembelajaran jaring laba-laba sebagai berikut.:
Guru menentukan tema utama dan tema lain yang telah dipilih dari beberapa standar kompetensi lintas mata pelajaran/bidang Studi, tema ini bisa dinegosiasi atau didiskusikan antara guru dan siswa.
Guru menyiapkan tema-tema yang telah terpilih, misalnya tema matematika, kesenian, bahasa dan IPS yang sesuai dengan tema utama ,
Guru menjelaskan tema-tema yang terkait sehingga materinya lebih luas,
Guru memilih konsep atau informasi yang bisa mendorong belajar siswa dengan pertimbangan lain yang memang sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran terpadu.
Dari tema yang telah terpilih maka dikembangkan  aktivitas belajar yang akan dilakukan oleh siswa.

3.  Model Pembelajaran Terpadu Integrated.
Model integrated yaitu pembelajaran yang menggabungkan bidang studi dengan cara menemukan keterampilan, konsep dan sikap yang saling berhubungan di dalam  beberapa bidang studi.  Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan antar bidang studi.
Langkah-langkah pembelajaran terpadu model integrated sebagai berikut:
Guru mencari konsep atau keterampilan yang memiliki keterkaitan erat dengan  mata pelajaran lain.
Guru menyusun RPP yang terdiri dari gabungan konsep-konsep beberapa mata-pelajaran,
Guru menentukan alokasi waktu karena untuk pembelajaran ini biasanya memerlukan waktu lebih dari satu kali pertemuan.

2 komentar:

terima kasih udah singgah d blog aku jgn lupa kasih komentarnya .... komentarmu menandakan bahwa kamu udah mampir ke blog aku ... :)