A. Langkah- Langkah pembelajaran Terpadu Secara umum
- Menganalisis Standar Isi
- Menyusun bahan ajar, yang mengacu kepada standar isi pendidikan
- Merancang Pembelajaran Terpadu,
Langkah-langkah yang ditempuh dalam
membuat rencana pembelajaran terpadu tersebut adalah: (a) menetapkan tema
sentral pembelajaran yang akan berfungsi sebagai alat pengait pembelajaran, (b)
merumuskan kompetensi atau tujuan pembelajaran yang harus dicapai peserta
didik, (c) mengidentifikasi konsep-konsep yang memiliki sifat keterkaitan baik
yang terdapat dalam intra maupun antar mata pelajaran yang akan diintegrasikan,
(d) merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilakukan,
(e) menetapkan alat evaluasi yang akan digunakan.
- Penerapan Konsep
• B. Langkah- Langkah Pembelajaran Terpadu Berdasarkan
Modelnya
Ada tiga model pembelajaran terpadu,
yaitu model webbed, model connected dan model integrated.
- Pembelajaran Terpadu Model Connected
yaitu pembelajaran yang memadukan
konsep antara konsep yang satu dengan konsep yang lain dalam satu mata
pelajaran saja.
Langkah-langkah yang ditempuh dalam
model pembelajaran keterhubungan sebagai berikut :
• Guru menentukan salah satu topik dalam satu mata pelajaran
tertentu
• Guru mengaitkan salah satu konsep pembelajaran dengan konsep
yang dalam satu mata pelajaran
• Menyusun langkah-langkah pembelajaran yang berisi aktivitas
siswa yang dilakukan dalam pembelajaran
• Guru dan siswa bersama-sama memberikan kesimpulan, penegasan
dari pembelajaran yang telah dilakukan.
• Guru bisa melakukan evaluasi baik proses maupun hasil yang
meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
- Pembelajaran Terpadu Model Webbed
Pembelajaran terpadu model webbed
merupakan salah satu model pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan
tematik.
Langkah-langkah yang ditempuh dalam
model pembelajaran jaring laba-laba sebagai berikut.:
• Guru menentukan tema utama dan tema lain yang telah dipilih
dari beberapa standar kompetensi lintas mata pelajaran/bidang Studi, tema ini
bisa dinegosiasi atau didiskusikan antara guru dan siswa.
• Guru menyiapkan tema-tema yang telah terpilih, misalnya tema
matematika, kesenian, bahasa dan IPS yang sesuai dengan tema utama ,
• Guru menjelaskan tema-tema yang terkait sehingga materinya
lebih luas,
• Guru memilih konsep atau informasi yang bisa mendorong
belajar siswa dengan pertimbangan lain yang memang sesuai dengan
prinsip-prinsip pembelajaran terpadu.
• Dari tema yang telah terpilih maka dikembangkan
aktivitas belajar yang akan dilakukan oleh siswa.
• 3. Model Pembelajaran Terpadu Integrated.
Model integrated yaitu
pembelajaran yang menggabungkan bidang studi dengan cara menemukan
keterampilan, konsep dan sikap yang saling berhubungan di dalam beberapa
bidang studi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan antar bidang
studi.
Langkah-langkah pembelajaran terpadu
model integrated sebagai berikut:
• Guru mencari konsep atau keterampilan yang memiliki
keterkaitan erat dengan mata pelajaran lain.
• Guru menyusun RPP yang terdiri dari gabungan konsep-konsep
beberapa mata-pelajaran,
• Guru menentukan alokasi waktu karena untuk pembelajaran ini
biasanya memerlukan waktu lebih dari satu kali pertemuan.
hm.... minta referensi nya dong.
BalasHapusplease..!!!!
hm.... minta referensi nya dong.
BalasHapusplease..!!!!