Rabu, 27 Juli 2011

Cara Membuat Peta Timbul


Mungkin dulu pas SD kita sering banget tuh disuruh bikin peta, terus di hafalin letak-letaknya. Tapi sapa coba yang pernah bikin Peta Timbul?? Sebenernya fungsinya banyak juga kalo dulu sih bisa dibuat untuk alas peta sekolah atau rumah jadi gak terlalu rumit untuk menentukan perbedaan tinggi tiap daratan yang luas banget, biasanya orang-orang juga suka buat peta timbul untuk battlefield suatu miniatur atau sekedar terrain dari miniatur kereta api.

Nah beberapa waktu lalu saya terpikir untuk membuatnya. Jadi inilah bahan dan alat lalu cara pembuatannya…

Bahan dan Alat:

1. Kertas bekas ( bebas sih, bisa koran atau kertas sisa seperti revisi skripsi juga boleh karena dari itualh inspirasi saya^^V)

2. Tepung tapioka (cari aja di toko-toko yang paling murah juga gak apa)

3. Lem kayu (lem ini ada juga di toko bangunan merknya fox, gambarnya wajah rubah warna item)

4. Ember

5. Air

6. Alas daratan (bisa kardus, karton, triplek, gabus, sampe kaca pun halal kok, asal kuat nahan daratannya.

Cara Pembuatan:

1. Potong kertas sisa tadi kecil-kecil ke dalam ember, yah seperti suwiran daging soto. Kalo ditanya seberapa banyak tergantung dari seberapa besar daratan yang kamu bakal bikin, jadi dikira-kira sendiri aja.

2. Masukan Air kira-kira 2 kali tinggi tumpukan kertas dalam ember.

3. Dulu sih habis itu disuruh tunggu rendam sampai 1 hari. Tergantung dari kebutuhan kalo kamu mau cepet tinggalin kertas tadi dan rendem sekitar 3 jam, lalu gunakan tanganmu jadi mesin cuci buat ngaduk kertas sambil di angkat dan peras, ulangi kegiatan itu sampai kertas hampir hancur. Yah kira-kira 15 menit cukup

4. Kalo sudah merasa cukup lalu saring kertas tadi dan buang airnya. kertasnya jangan dijadikan terlalu kering dan sedikit basah gak apa-apa, asal airnya dah gak ada.

5. Campur kertas tadi dengan tepung tapioka dan lem kayu secukupnya. Aduk merata sampai semua tercampur seperti bubur.

6. Setelah siap, lalu ambil adonan kertas tadi dengan tangan lalu taruh diatas alas yang telah disiapkan. Mulai bentuk daratan sesuai keinginanmu.

7. Keringkan daratan yang sudah jadi di bawah sinar matahari sampai keras. Karena proses awal dan penyaringan yang dipercepat tadi akan membuat daratan masih agak basah akan menyebabkan proses pengerasan agak lama dan jadi lebih dari satu hari. Jadi bersabarlah

8. Setelah siap daratan tadi bisa ditambahkan ornamen dan finishing biar terlihat lebih bagus seperti warna daratan bisa menggunakan cat warna atau cat poster, remahan kayu yang bisa membuat suasana seperti pasir, dan lain-lain sesuai keingingan dan kreasimu.

Mungkin seperti itulah caranya, semoga bermanfaat.

5 komentar:

  1. makasih yah,ngebantu bgt ng buat tugas ips smp

    BalasHapus
  2. terima kasih yach atas informasihnya

    BalasHapus
  3. tpi ,,,,,ad yg gajelas nich,,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  4. warna latarnya menarik buangetzzzzzzzzzzzzz

    BalasHapus
  5. Buku sumber yg bisa di jadikan referensinya dr peta timbul ada engga ka? Atau e-book?

    BalasHapus

terima kasih udah singgah d blog aku jgn lupa kasih komentarnya .... komentarmu menandakan bahwa kamu udah mampir ke blog aku ... :)